Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri No. 20 Tahun 2018

Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Dari Perencanaan Sampai Pelaporan Berdasarkan Permendagri No. 20 Tahun 2018

PENDAHULUAN

Sesuai dengan Permendagri No. 20 Tahun 2018 bahwa Penyelenggaraan kewenangan desa dibiayai oleh tiga sumber dana, APBDesa, APBD dan APBN. Untuk pelaksanaan kewenangan desa yang ditugaskan oleh Pemerintah didanai oleh APBN.

Dana APBN tersebut dialokasikan ke bagian anggaran kementerian atau lembaga. Kemudian disalurkan melalui satuan kerja perangkat daerah kabupaten atau kota. Sementara penyelenggaraan kewenangan desa yang ditugaskan oleh pemerintah daerah didanai oleh APBD.

Semua pendapatan desa diterima dan disalurkan melalui rekening kas desa dan penggunaannya diatur dalam APBDesa. Kemudian pencairan dana yang ada di rekening kas desa ditandatangani oleh Kepala Desa dan Bendahara Desa. Dana tersebut kemudian dikelola oleh desa. Pengelolaan Keuangan Desa merupakan kegiatan yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban.

Kami dari Lembaga Informasi Bina Potensi (LIBIPO) akan mengadakan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa sesuai Permendagri No. 20 Tahun 2018 untuk memberikan pemahaman bagi aparatur desa dalam memanage keuangan Pemerintah Daearah.

Materi Pelatihan :

Tata Cara Pengelolaan Keuangan Desa,  Perencanaan, Penganggaran, Pertanggungjawaban, Pelaporan  Dan Evaluasi  Sesuai Dengan Permendagri No. 20 Tahun 2018 

  1. Perencanaan

Perencanaan keuangan jika dijabarkan secara umum merupakan kegiatan yang dilakukan untuk merancang pendapatan dan belanja desa dalam kurun waktu tertentu di masa yang akan datang. Perencanaan keuangan desa ini dilaksanakan sesudah RPJM Desa dan RKP Desa tersusun. Karena RPJM Desa dan RKP Desa sebagai dasar untuk penyusunan APBDesa yang merupakan hasil dari perencanaan keuangan desa.

  1. Pelaksanaan

Tahap kedua setelah perencanaan adalah pelaksanaan. Pelaksanaan dalam hal ini meliputi implementasi atau eksekusi dari dana APBD yang telah dirancang. Pelaksanaan ini adalah rangkaian kegiatan dalam menjalankan APBDesa. Kurun waktunya dalam satu tahun anggaran, mulai dari tanggal 1 Januari sampai 31 Desember. Kemudian kegiatan dari pengajuan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) tersebut disusun rencana anggaran biaya (RAB). Kegiatan pelaksanaan dalam pengelolaan keuangan desa ini meliputi pengadaan barang-barang atau jasa, perubahan APBDesa, dan penyusunan Buku Kas Pembantu Kegiatan yang semuanya untuk keperluan desa.

  1. Penatausahaan

Penatausahaan adalah serangkaian kegiatan dalam bidang keuangan yang dilaksanakan secara teratur dan logis sesuai dengan standar, prinsip, dan prosedur yang ditentukan. Sehingga informasi aktual yang berkenaan dengan pengelolaan keuangan dapat diperoleh dengan cepat.

kegiatan ini meliputi proses pencatatan semua transaksi keuangan yang dilakukan dalam kurun waktu satu tahun anggaran. Kegiatan penatausahaan keuangan ini berfungsi untuk mengendalikan pelaksanaan APBDesa. Hasil dari kegiatan penatausahaan ini berupa laporan yang nantinya diperuntukkan untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan desa.

  1. Pelaporan

Tahap selanjutnya adalah pelaporan. Pelaporan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menyampaikan hal-hal yang mempunyai hubungan dengan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu periode anggaran. Pelaporan ini digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari tugas dan wewenang yang telah diberikan. Pelaporan ini menyajikan data-data dan informasi penting mengenai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan tanggung jawab yang dibebankan. Pada tahap pelaporan ini Pemerintah Desa menyusunkan laporan realisasi hasil dari pelaksanaan APBDes di setiap semester yang kemudian diserahkan kepada Bupati atau walikota.

MAKSUD DAN TUJUAN

Bimtek ini dimaksudkan untuk memberikan serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan aparatur Desa dan perangkat Desa sehingga dapat mengoptimalkan pemerintah Desa pengembangan Desa dalam rangka menuju masyarakat yang adil , makmur, dan sejahtera

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan ini berupa bimbingan teknis dalam rangka implementasi berbagai regulasi pengelolaan pemerintah desa beserta keuangan/dana desa yang dilaksanakan Lembaga informasi Bina Potensi (LIBIPO) bekerjasama dengan dinas pemberdayaan masyarakat dan desa ( DPMD ) Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Adapun peserta yang diharapkan hadir terdiri dari :

  1. Kepala Desa
  2. Sekertaris Desa
  3. Bendahara Desa
  4. BPD
  5. Perangkat Desa

PENDANAAN BIMTEK  :

Pendanaan pelaksanaan bimtek dapat bersumber dari APBN, APBD dan APBDes Kabupaten …. serta sumber pembiayaan lainya yang di anggap sah.

FASILITAS BIMTEK DAN AKOMODASI :

  • MENGINAP
  • Rp 4.500.000
  • Menginap di Hotel (Twin Sharing)
  • Coffee Break, Lunch & Dinner
  • Seminar Kit
  • Tas Eksklusif
  • Sertifikat Pelatihan
  • Flashdisk Berisi Materi Bimtek
  • Antar jemput bagi peserta rombongan (min 5 orang)
  • TIDAK MENGINAP
  • Rp 3.500.000
  • Tidak ada fasilitas penginapan
  • Coffee Break & Lunch
  • Seminar Kit
  • Tas Eksklusif
  • Sertifikat Pelatihan
  • Flashdisk Berisi Materi Bimtek
  • Antar jemput bagi peserta rombongan (min 5 orang)

Bimtek akan dilaksanakan selama 4 hari 3 malam  pada :

Hari /Tanggal : Disesuaikan

Tempat             : Disesuaikan

Waktu                : 08.00 s/d 17.00 WIB

Riquest Lokasi Kegiatan :

Batam, Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Makasar, Lombok ,Bali dll

Untuk mendapatkan informasi lebih Lanjut silahkan hubungi kami :

Telp/Fax     :  ( 021 ) 4408493 / 22044735

Mobile         :  Nurdin, 081385480044 /  Sri Peni, 081321191179

WhatsApp  :  Nurdin, 081385480044 /  Sri Peni, 081321191179

Email           :  infokom@libipo.com  / libipo@rocketmail.com

CATATAN :

  1. Riquest waktu, tempat dan materi Bimteknas bisa disesuain dengan kebutuhan.
  2. Biaya kontribusi peserta disesuaikan dengan tempat pelaksanaan dan durasi kegiatan.
  3. Biaya kontribusi peserta disesuaikan dengan Ketentuan Daerah Masing Masing .
TEMA DAN MATERI BIMTEK LAINNYA………

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!