Bimtek Program Inovasi Desa (PID)

Program Inovasi Desa

Pendahuluan

Desa telah menerima Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) selama empat tahun terakhir yang diperuntukan untuk bidang infrastruktur dan pemberdayaan. Di bidang infrastruktur contohnya, dana desa digunakan rata-rata untuk membangun jalan desa, jalan lingkungan, dan jalan gang yang menjangkau masyarakat-masyarakat terdalam, setelah itu tuntas tentunya inovasi dibutuhkan.

Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. Program Inovasi Desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa dengan memberikan rujukan Inovasi Pembangunan Desa and then merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusai serta infrastruktur Desa. Melalui Program Inovasi Desa diharapkan mampu memicu munculnya Inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif.

PID yang telah diluncurkan oleh Kemendes PDTT RI bertujuan menjadi media berbagi inovasi desa dan keilmuan. Tidak semua desa di Indonesia mampu melakukan terobosan-terobosan terkait pembangunan desanya sehingga sukses, tapi ada desa-desa yang memiliki inovasi desa.

Tujuan utama dari inovasi desa

Dengan PID, maka desa-desa satu sama lain dapat saling berinteraksi secara keilmuan, saling bertukar pengetahuan, dan terobosan-terobosan. Desa-desa yang sudah berhasil membuat inovasi yang bermanfaat banyak bagi masyarakatnya dapat menjadi contoh dan parameter. Dapat direflikasi oleh desa-desa yang memiliki kebutuhan sama. Kedepan, bukan sekadar hal-hal yang standar yang dibangun oleh desa, terutama dari dana desa. Melainkan hal-hal yang sifatnya terobosan-terobosan yang baik dan itu tentunya bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam rangka memantapkan pemahaman tentang Program Inovasi Desa maka kami Lembaga Informasi Bina Potensi (LIBIPO) akan menyelenggarakan Bimtek/Workshop/Diklat/Pelatihan  dengan tema sebagai berikut :

“ PROGRAM INOVASI DESA DALAM MENDORONG  DAN MEMPERKUAT PRODUKTIVITAS PEDESAAN “

Keterangan :

  1. Calon peserta Diklat, bimtek, Workshop, pelatihan dan pendidikan melakukan pendaftaran dengan menghubungi kami.
  2. Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan bimtek, Pelatihan dan pendidikan sebesar Rp. 4.500.000,- (  Empat  Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dan Rp. 3.000.000,- ( Tiga Juta Rupiah ) Bagi Peserta Tidak Menginap

Fasilitas bagi peserta :

  1. Bahan / modul ajar narasumber
  2. Kit pelatihan dan alat tulis
  3. Tanda peserta dan souvenir ( Tas ekslusif )
  4. Sertifikat Pelatihan
  5. Konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Untuk mendapatkan informasi lebih Lanjut silahkan hubungi kami :

Telp/Fax   : ( 021 ) 4408493 / 22044735

Contak person permintaan undangan, Handphone/Wa :

  • Sdr, Nurdin : 081385480044
  • Sdr, Sri Peni : 081321191179
  • Email : libipo@rocketmail.com

CATATAN :

  1. Riquest waktu, tempat dan materi bimtek bisa disesuain dengan kebutuhan.
  2. Biaya kontribusi peserta disesuaikan dengan tempat pelaksanaan dan Ketentuan daerah Masing masing yang telah di setujui oleh Pemerintah Daerah.
  3. Kegiatan bimtek nasional dapat dilaksanakan di seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota di indonesia sesuai permintaan.
Tema Dan Materi Bimtek Lainnya………

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!