Bimtek UU. No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu 2019

Bimtek Iplementasi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dalam Menyongsong Penyelenggaraan Pemilu 2019

Pendahuluan

Pemilu adalah salah satu perwujudan demokrasi di Indonesia, dimana setiap warga Negara yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih berhak menggunakan ‘kedaulatannya’ untuk memberikan suaranya dalam setiap even pemilihan ( Presiden, Gubernur, Bupati, Walikota maupun DPR, DPD, dan DPRD)

Pemilihan Umum merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis. Pemerintahan yang dihasilkan dari Pemilu diharapkan menjadi pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah.  Oleh karena itu, diperlukan upaya dari seluruh komponen bangsa untuk menjaga kualitas Pemilu. Mengingat sudah dekatnya pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum ini merupakan sebagai landasan hukum dalam penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019. Karena itu, kualitas pemilu bergantung pada sejuhmana undang-undang ini disosialisasikan dengan baik kepada penyelenggara pemilu dan stake holder terkait

Upaya untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan Pemilu merupakan bagian dari proses penguatan demokrasi serta upaya mewujudkan tata pemerintahan yang efektif dan efisien. Sehingga dengan demikian, proses demokratisasi dapat tetap berlangsung melalui Pemilu yang lebih berkualitas dan pada saat yang bersamaan proses demokratisasi berjalan dengan baik, terkelola, dan terlembaga.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 2 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, harus dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.  Hal ini akan dapat tercapai, apabila seluruh komponen bangsa saling bahu-membahu mendukung pelaksanaan Pemilu dengan didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan penghormatan hak-hak politik setiap warga negara.

Di samping itu, suksesnya Pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu saja. Namun demikian, juga harus didukung seluruh pemangku kepentingan Pemilu demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan.  Hal ini secara tegas diamanatkan pada Pasal 434 Undang – undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, di mana Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas untuk kelancaran penyelenggaraan Pemilu. “Intinya, diperlukan persamaan persepsi di antara pemangku kepentingan Pemilu dalam upaya pencapaian Pemilu yang demokratis tersebut”.

Salah satu bagian terpenting dari sebuah proses Pemilu adalah peran dan partisipasi masyarakat. Pertimbangan rasional, dengan menjadi pemilih cerdas perlu terus-menerus disosialisasikan sehingga nantinya diharapkan dapat terpilih pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang mempunyai integritas dan kualitas yang tinggi. Selain aspek pertimbangan rasional pemilih tersebut, tingkat partisipasi politik masyarakat juga menjadi perhatian khusus pada Pemilu serentak tahun 2019.  Fakta yang ada menunjukkan bahwa saat ini telah terjadi satu kecenderungan fenomena fluktuasi tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu.

Beberapa hasil pelaksanaan Pemilu Legislatif sebelumnya, yaitu Pemilu 1999 dengan tingkat partisipasi politik masyarakat 92%, Pemilu 2004 dengan tingkat partisipasi politik masyarakat 84%, Pemilu 2009 dengan tingkat partisipasi politik masyarakat 71%, dan Pemilu 2014 dengan tingkat partisipasi politik masyarakat 74%.

Fenomena tersebut harus kita sikapi bersama dengan bijak.  Sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan Pemilu sangat diharapkan untuk memberikan sosialisasi yang tepat kepada masyarakat tentang arti pentingnya Pemilu bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Maksud dan Tujuan :

Untuk meningkatkan pengetahuan peserta sosialisasi tentang dinamika pelaksanaan Pemilu DPR, DPD, DPRD serta pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI secara serantak, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang baru

Tujuannya

Setelah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis ini para peserta dapat mewujudkan kesamaan persepsi serta sinergitas yang kuat dan berkesinambungan antar pemangku kepentingan Pemilu dalam upaya menciptakan Pemilu yang demokratisn dan untuk meningkatkan partisipasi politik serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan umum

Harapannya

Setelah mengikuti bimtek diharapkan peserta dapat meningkatkan wawasan, pemahaman dan kesiapan didalam menyongsong Pemilu serentak dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mampu menjadi bekal pengetahuan dan kesiapan serta meningkatkan partisipasi politik kita bersama serta Partisipasi politik masyarakat yang tinggi dalam Pemilu serentak tahun 2019, baik secara kuantitas maupun kualitas.  Sehingga dengan demikian, Pemilu serentak tahun 2019 akan dapat menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang mempunyai legitimasi yang kuat serta amanah dalam menjalankan tugasnya.

TEMA BIMTEK:

  1. Isu Krusial Penuyusunan Undang-undang Pemilu dan Pasca Penetapan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
  2. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dalam Perspektif Gender
  3. Tahapan Penyelenggaraan Pemilu dalam Perspektif Politik Lokal
  4. Substansi Perubahan Sistem Pemilu dan Implikasinya Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum
  5. Penjelasan terkait dengan Penataan Daerah Pemilihan untuk DPRD Kab/Kota.
  6. Penjelasan terkait dengan Pencalonan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

Biaya Pelatihan

Biaya pelaksanaan pelatihan ini berkisar Rp. 4.500.000,-/peserta untuk menginap di Hotel dan Rp. 3.000.000,-/peserta tidak menginap di Hotel.  Biaya tidak sama untuk satu daerah dengan daerah lainnya, karena ditentukan berdasarkan beberapa hal antara lain jumlah peserta; transportasi ke lokasi; akomodasi hotel; catering; ruangan dsb. Untuk itu biaya pelaksanaan akan diatur kemudian bila terjadi kesepakatan bersama.

Fasilitas Pelatihan :

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Seminar Kit (blocknote+Ballpoint), Tas Ransel, Breakfast, Lunch & Dinner, Coffe Break, Foto Bersama Seluruh Peserta, Penginapan 4 hari 3 malam di hotel berbintang.

Narasumber

  1. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia
  2. DPR RI
  3. KPU

Jadwal Kegiatan Bimtek Februari 2019

TANGGAL LOKASIHOTEL
_JakartaHotel Mercure Jakarta Kota
_Bandung Hotel Kedaton Jl Suniaraja No. 14
_YogyakartaHotel Abadi Jl Pasar Kembang
_SurabayaHotel Swiss belinn Tunjungan
_SemarangHotel Dafam Jl. Imam Bonjol
_BaliHotel Grand Zuri
_LombokHotel Fave Jl. Langko
_JakartaHotel Luminor Pacenongan
21 - 24BandungHotel Golden Flower`Jl. Asia Afrika
24 - 27BatamHotel Formoza
25 - 28JakartaHotel Media & Towers Gunung Sahari

Jadwal Kegiatan Bimtek Maret 2019

TANGGAL LOKASIHOTEL
04 - 07BandungHotel Kedaton Jl Suniaraja No. 14
06 - 09JakartaHotel Media & Towers Jl Gunung Sahari
10 - 13YogyakartaHotel Abadi Jl Pasar Kembang
11 - 14MakassarHotel Pesonna Jl. Mappanyuki
13 - 16BatamHotel Formoza
17 - 20SurabayaHotel Swiss belinn Tunjungan
20 - 23SemarangHotel Dafam
24 - 27JakartaHotel 88 Mangga Besar Raya
25 - 28LombokHotel Fave Jl. Langko
27 - 30BaliHotel Grand Zuri

Riques Lokasi Kegiatan :

Batam, Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Bali, Samarinda, Balikpapan, Lombok dll.

Fasilitas Pelatihan :

Sertifikat, Modul (Hard/Soft copy), Seminar Kit (Blocknote+Ballpoint), Tas Ransel, Breakfast, Lucnk & Dinner, Coffe Break, Foto Bersama Peserta.

Untuk mendapatkan informasi lebih Lanjut silahkan hubungi kami :

Telp/Fax   : ( 021 ) 4408493 / 22044735

Mobile       : Nurdin,081385480044 / Sri Peni,081321191179

WhatsApp : Nurdin,081385480044 / Sri Peni,081321191179

Email         :  infokom@libipo.com  / libipo@rocketmail.com

CATATAN :

  1. Riquest waktu, tempat dan materi Bimteknas bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Biaya kontribusi peserta disesuaikan dengan tempat pelaksanaan dan Ketentuan daerah Masing masing yang telah di setujui.
  3. Udangan /Surat Resmi segera kami kirim setelah ada konfirmasi.
  4. Pendaftaran selambat lambatnya 3 hari sebelom hari pelaksanaan.
  5. Penjeputan Bandara Minimal 5 Peserta.
TEMA DAN MATERI BIMTEK LAINNYA………

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!