Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020

Bimtek Pedoman Pelaksanaan Penggunaan Dana Desa Tahun 2020

Pendahuluan

Sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 5 ayat 1-2 Permendes 11 Tahun 2019, bahwa Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Pembangunan  Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Prioritas penggunaan Dana Desa yang dimaksud tersebut harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa berupa:

  1. peningkatan kualitas hidup.
  2. peningkatan kesejahteraan.
  3. penanggulangan kemiskinan.
  4. peningkatan pelayanan publik.

Dana  Desa  yang  bersumber  dari APBN merupakan salah satu bagian dari pendapatan Desa. Tujuan Pemerintah menyalurkan Dana Desa secara langsung kepada Desa adalah  agar  Desa  berdaya  dalam  menjalankan  dan  mengelola untuk  mengatur  dan  mengurus  Prioritas Dana Desa, bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat Desa. Penggunaan Dana Desa dikelola melalui mekanisme pembangunan partisipatif dengan menempatkan masyarakat Desa sebagai subyek pembangunan. Karenanya, rencana prioritas penggunaan Dana Desa wajib dibahas dan disepakati dalam musyawarah Desa. Pedoman   Umum   pelaksanaan   Penggunaan   Dana   Desa Tahun 2020 ini dipedomani oleh Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, dan Desa dalam mengelola prioritas Dana Desa tahun 2020 dengan berdasarkan tata kelola Desa yang demokratis dan berkeadilan sosial.

Apa itu Prioritas Penggunaan Dana Desa?

Yang dimaksud dengan Prioritas Penggunaan Dana Desa adalah pilihan kegiatan yang didahulukan dan diutamakan daripada pilihan kegiatan lainnya untuk dibiayai dengan Dana Desa. (Pengertian ini diuraikan dalam Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 poin 16 Permendes Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020). 

Dengan Hormat , Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakar Desa, Bapak Camat , Kepala Desa, Sekretaris Desa, BPD. Sehubungan dengan topik aktual yang akan dibahas oleh narasumber yang berkompeten dengan hormat kami mengundang Bapak/ Ibu/ Saudara/ i. Kiranya berkenan hadir atau menunjuk beberapa  utusan untuk ikut sebagai Peserta. maka kami Lembaga Informasi Bina potensi (LIBIPO) akan melaksanankan bimbingan teknis nasional dengan tema sebagai berikut:

” Pedoman Umum Pelaksanaan Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 Sesuai Dengan Permendes No. 11 Tahun 2019 “

Keterangan :

  1. Calon peserta Diklat, bimtek, Workshop, pelatihan dan pendidikan melakukan pendaftaran dengan menghubungi kami.
  2. Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan bimtek, Pelatihan dan pendidikan sebesar Rp. 4.500.000,- (  Empat  Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dan Rp. 3.000.000,- ( Tiga Juta Rupiah ) Bagi Peserta Tidak Menginap

Fasilitas bagi peserta :

  1. Bahan / modul ajar narasumber
  2. Kit pelatihan dan alat tulis
  3. Tanda peserta dan souvenir ( Tas ekslusif )
  4. Sertifikat Pelatihan
  5. Konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Untuk mendapatkan informasi lebih Lanjut silahkan hubungi kami :

Telp/Fax   : ( 021 ) 4408493 / 22044735

Contak person permintaan undangan, Handphone/Wa :

  • Sdr, Nurdin : 081385480044
  • Sdr, Sri Peni : 081321191179
  • Email : libipo@rocketmail.com

CATATAN :

  1. Riquest waktu, tempat dan materi bimtek bisa disesuain dengan kebutuhan.
  2. Biaya kontribusi peserta disesuaikan dengan tempat pelaksanaan dan Ketentuan daerah Masing masing yang telah di setujui oleh Pemerintah Daerah.
  3. Kegiatan bimtek nasional dapat dilaksanakan di seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota di indonesia sesuai permintaan.
Tema Dan Materi Bimtek Lainnya………

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!